Entah kenapa di forum/group ClearOS yang saya temui, kebanyakan COS difungsikan sebagai Gateway+ Bandwidth manager+ Proxy caching. Padahal di level korporasi/lembaga COS baru kelihatan fungsi sebenarnya. Yakni, sebagai server-all-in-one. Bisa merangkap gateway, webserver, database server, Primary Domain Controller dan bahkan IDS dalam satu mesin. Dan tentu saja jika yang mengakses banyak layanan dari COS , dibutuhkan hardware yang powerfull juga; terutama jika menggunakan layanan antivirus gateway, IPS, IDS.

Pengalaman saya; PDC memang selalu tidak digunakan pada situasi SOHO, dimana jumlah PC Desktop Windows kurang dari 30. Sysadmin keliatannya enjoy-enjoy saja untuk me-manage dengan situasi tsb. Asalkan sudah bisa file sharing, misalnya dengan menggunakan NAS hardware dan Router Internet sharing dirasa cukup. Alias tidak mau pusing ūüėÄ

Padahal dengan menginstall COS pada hardware dengan CPU sekelas Pentium-d; RAM minimal 1 Gb, fungsi filesharing, PDC, Gateway (tanpa ada layanan IDS/IPS), serta Mailserver bisa dijalankan dengan kondisi layak; asalkan spek hardware LAN menggunakan swith/eth Gigabit semua. PDC untuk LAN dibawah 30 PC client, CPU & RAM usagenya dari pengalaman tidak lah signifikan membebani kinerja Server. Daripada resource listrik terbuang percuma, di manfaatkan saja dengan layanan-layanan lain.

Oke, installasi COS sangatlah mudah, saya pernah menulis artikel tentang COS webserver, pada mode standalone. Kali ini, COS di re-setup sebagai Gateway dan melayani beberapa kebutuhan untuk LAN. Topology Networkya seperti ini kira-kira (COS berada di kotak kuning):

cos 52 pdc -dia

Saat installasi awal; pilihlah  paket-paket dibawah ini:

cos 5.2 pdc gway tut 003 cos 5.2 pdc gway tut 002 cos 5.2 pdc gway tut 001

Bagi COS yang sudah terlanjur terinstall di mesin, register dulu ke ClearDSN untuk mendapatkan paket-paket diatas. Buka web browser lalu arahkan ke https://192.168.16.5:81 (sesuaikan dengan ip lan yang anda set).

Yang terpenting untuk setup gateway merangkap PDC adalah DNS (biasanya sudah otomatis), LDAP, Windows Sharing, FTP, Flexshare. Sisanya: NTP, Webproxy dkk, Bandiwidth manager, 1-1 nat adalah tambahan, tapi sangat berguna di lain kebutuhan.

cos 5.2 pdc gway tut 004
Buat dulu password ‘Winadmin’ untuk register Client Windows ke PDC COS.

Jangan lupa buat user untuk login ke Server PDC CLEARSYSTEM ini. Adanya pada menu Directory – users. Masukan username & password (untuk login dari Windows ke COS), dan beberapa field tambahan.

cos 5.2 pdc gway tut 005
Isikan form lalu tekan tombol ‘start’ dan kalau ada perubahan nama domain (ini bukan domain internet, tapi domain controller windows); klik update
cos 5.2 pdc gway tut 005
proses penambahan login untuk ke PDC
cos 5.2 pdc gway tut 007
Seting username untuk logon ke PDC

cos 5.2 pdc gway tut 006

Saya contohkan pada WIndows XP. Untuk join domain ke PDC COS hanya perlu beberapa klik saja; ini dilakukan oleh Admin (bisa via remotedesktop/vnc dsb). Caranya: Setting DNS dan Gateway ke IP COS. Karena COS dalam mode gateway, client WIndows tetap bisa akses internet jika memang sudah dibuat routingnya. Lalu klik kanan dari ‘My Computer’ lalu ¬†pilih properties, dan selanjutnya tab Computer name. Klik tombol ‘change’. Selanjutnya pilih combox domain, dan ketikkan nama domain pdc yang tadi di set. Dalam hal ini saya mengetikkan ‘ANGINRIBUT’. Dengan username= ‘winadmin'(harus) beserta passwordnya.

cos 5.2 pdc gway tut 009b

cos 5.2 pdc gway tut 008

 

 

 

 

Windows XP butuh restart untuk bisa melakukan perubahan logon ke PDC. Nah, ketika sudah ada tampilan logon; pastikan logon to nya ke ‘ANGINRIBUT’. dengan Username yang sudah diset pada menu.

cos 5.2 pdc gway tut 010

 

Untuk  Windows Vista dan Windows 7/8  harus ada yang di modif sedikit untuk mengakses Active Directory. Kalau tidak salah berhubungan dengan masalah model authentifikasi yang tidak/belum di support oleh SAMBA. Copy-paste lalu save dengan extensi .reg dan di double klik untuk export ke registry. Jadi langkah ini harus dilakukan sebelum join ke PDCnya COS. Langkah-langkah untuk join ke PDC sama dengan XP, semua ada di propertiesnya My Computer (hanya beda dikit). Tetapi lagi-lagi, DNS dan Gateway nya arahkan ke COS terlebih dahulu.

 

[HKEY_LOCAL_MACHINESystemCurrentControlSetServicesLanManWorkstationParameters]

DWORD DomainCompatibilityMode 1
DWORD DNSNameResolutionRequired 0

Selain level Administrator user tidak bisa sembarangan menginstall aplikasi lain.

cos 5.2 pdc gway tut 011
Login menggunakan level User biasa. Bukan domain-controller admin.
cos 5.2 pdc gway tut 012
Folder share untuk menyimpan dokument per-user.

Fungsi-fungsi lainnya bisa pelajari dulu konsep LDAP. Tapi biasanya untuk mengatur Akses Internet (aktifkan transparent proxy), Akses folder share & printer, audit file dll.

Situs ini kehilangan image dan files penunjang; karena terjadi storage failure dan saya tidak menyimpan backupnya - harap maklum
+