Untuk mulai belajar pemprograman server-side-scripting dibutuhkan konfigurasi software yang mirip dengan kondisi tempat hosting akan di execute, yang biasanya hidup di lingkungan Linux/BSD, dan bahkan cenderung musti online terus 🙁

Nah untungnya ada solusi desktop based server apache yang sudah dikemas dengan demikian mudah, software itu adalaah XAMPP.

xampp web

 

 

Installasi sangat mudah dan cepat, file size installernya lumayan besar, sekitar 110 mb an. pergunakan download manager kalau memang koneksi anda sering diskonek. Pilih versi yang intaller. Begitu file .msi atau .exe nya sudah anda download, tinggal dobel klik, proses installasi XAMPP akan muncul. ikuti saja perintahnya. XAMPP akan menginstall Apache Win32, Mysql, PHP dll.

Sesudah XAMPP berhasil terinstall, klik XAMPP control Panel pada desktop/startmenu. Disitu anda bisa menginstall Apache, Mysql, FTPZilla sebagai service Windows. Kondisinya servicenya musti ‘running’. baru buka browser anda ke alamat http://localhost. Akan tampil halaman default dari XAMPP. Disitu ada link ke phpmyadmin yang gunanya untuk membuat/mengedit database mysql. Pastikan juga mysql running sebagai service.

Untuk itu diperlukan juga text editor; jika anda ingin mengedit script buatan sendiri, misalnya buat aplikasi sederhana dulu, misalnya buku tamu. Cukup 1 file php dan 1 buah database dengan 1 tabel saja. Design form, jika masih gagap html; bisa menggunakan microsoft frontpage atau yang sejenis.  Text editor yang free, tapi cukup banyak fitur; pilihan saya jatuh ke notepad plus-plus bisa diunduh di http://www.notepad-plus-plus.org

Hmm, XAMPP juga bisa dimanfaatkan untuk bermain-main menggunakan web-aplikasi semacam Joomla!, WordPress, SMF bahkan Drupal sekalipun. Yang sudah pernah saya coba adalah WordPress dan Drupal. Ada cara instant untuk menginstall wep-app WordPress. Yakni pergunakan installer dari Bitnami; ada di http://bitnami.com/stack/xampp. Cari WordPress untuk Windows XAMPP. installasinya cuma menanyakan letak dimana XAMPP anda berada. Kalau sudah terinstall tinggal buka browser (biasanya otomatis) dan arahkan ke http://localhost/wordpress. Dari situ konfigurasi WordPress pada lokal akan dimulai.

bitnami 01

WordPress akan menanyakan nama database, user database, dll. Untuk itu sebelum proses konfigurasi silakan buka tab baru pada browser, arahkan ke alamat http://localhost/phpmyadmin. Buat database baru, sekalian user+passwordnya. Baru lanjutkan ke tab sebelumnya untuk mengkonfigurasi WordPress. Cukup mengisi form sederhana, WordPress sudah terkonfiguasi dengan benar dan bisa di buka langsung dari localhost dan tidak perlu koneksi ke internet; kecuali anda menginstall plugins/themes secara realtime pada dashboard WordPress.

nicholas cage 3_2

BENER — serius koq. coba aja kalau memang lagi ISENG.

Situs ini kehilangan image dan files penunjang; karena terjadi storage failure dan saya tidak menyimpan backupnya - harap maklum
+