Saya baru mengalami kejadian aneh, pada motherboard PC Merek Asus, mainboard P5W ini berchipsetkan i975x, sebuah mobo yang prestisius di era DDR2 sedang berjaya. Salah satu keluaran hi-end, dimana output soundnya sangatlah bagus.

Juga mainboard ini dilengkapi dengan 4 slot RAM DDR2, dual PCIE 16x, pci-e dan pci. Tapi sayangnya tidak dibekali dengan onboard vga. Mendukung ATI/AMD Crossfire. Dual Ethernet dan ada onboard Wifi.

Juga, dengan RAM 4gb saya berhasil menginstall Windows 10 x64 1903 dengan lancar, tidak ada terkendala sama sekali. Dan ketika selesai installasi aplikasi pendukung, PC saya shutdown normal menggunakan icon shutdown pada start-menu, dan ketika semua lampu power di casing mati, selang 1-2 detik PC kembali menyala. Aneh sekali, saya akhirnya mencoba utak-atik control panel – power management dan mendisable fast boot, utak-atik ACPI di BIOS juga tidak membuahkan hasil. HAL yang ANEH menurut saya.

Karena penasaran, saya coba downgrade ke Windows 8.1 x64 polos. Driver pack saya menggunakan Snappy 19 & Driver Collection 15, 18. Semuanya tidak bisa shutdown dengan sempurna, begitu lampu casing mati semua, PC kembali nyala sekitar 1-2 detik.

Browsing2 juga malah membikin stress. Baca manual juga tidak membuahkan hasil. Dan saya iseng, liat diagram di manual book, port USB atas yg dekat ps/2 adalah USB 1.1. Hmmm jangan2 memang port usb diatas itu dikhususkan untuk keyboard dan mouse. Dan saya memindahkan mouse dan keyboard usb saya ke usb port tsb (dibawah soket ps/2), dan akhirnya PC bisa shutdown sempurna baik di Windows 10 1903 atau pun di Windows 8.1.

Hmmm, aneh tapi nyata. Atau fitur? Baca2 manual lagi, dan ternyata mainboard ini support menyalakan pc dengan keyboard USB dan PS/2. Dengan menekan semua tombol. Mungkin itu fitur, bug atau mainboard saya sudah rusak? entahlah. Dengan solusi sederhana ini kasus terpecahkan. Bisa jadi saya yg kurang update untuk masalah ini 🙂 Di port bawah, jika kita taruh selain mouse/keyboard tidak masalah. Semua normal2 saja.

Situs ini kehilangan image dan files penunjang; karena terjadi storage failure dan saya tidak menyimpan backupnya - harap maklum
+