Windows 8.1 desktop flashing desktop

Baru baru ini mengalami kasus aneh, Windows 8.1 setelah login mengalami loop refresh desktop, terkesan seperti WinKey yang tertekan. Pertama-tama yang saya cek keyboard. Ternyata baik-baik saja. Berarti masalah software. Nah, saya tekan saja control alt del untuk membuka taskmanager, disana ada proses windows yang sama, dan banyak dengan nama  ‘thumbnail handler extraction loop’.

Ternyata banyak yang mengalami, kasusnya mirip dengan video ini:

 

new-start-screen-640x359

Karena desktop tidak berdaya, mematikan explorer.exe pun tidak ada pengaruh, saya kembali tekan control alt del, lalu pilih tombol shutdown di pojok kanan atas, sembari saya tekan tombol shift saya klik mouse dan memilih restart untuk masuk ke safe mode.

Ketika Windows boot, akan ada berbagai macam pilihan. Saya pilih advanced lalu safe-mode with networking. Windows akan kembali restart dan masuk ke safe-mode. Baru saya gunakan msconfig.exe pada Command prompt untuk mendiagnosa satu-persatu startup program yang bikin desktop loop. Caranya trial-error, matikan hidupkan, masuk ke desktop Windows biasa. 😀

Ternyata penyebabnya adalah Norton Antivirus 360. Aneh, soalnya mulai dari Operating System, Office dan Antivirus license semua 😀  Pada mesin yang terinstall bajakan, saya belum pernah menemui kasus unik ini. Mudah-mudahan tidak ada mesin lain yang membuat desktop loop setelah login pada Windows 8.1.

 

Dan saya mencari di google, ada juga yang mengalami loop desktop setelah login yang diakibatkan oleh Norton Antivirus -_-

Post By Tommy Wiranto (68 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect