Uji daya listrik wattage barang rumah tangga

Karena penasaran, yang diakibatkan arus listrik diputuskan oleh MCB karena kelebihan beban beberapa kali dalam minggu-minggu ini, saya membeli alat ukur untuk pemakaian daya listrik untuk seluruh peralatan elektronik yang menggunakan jack stop kontak biasa. Biasa disebut Watt-meter; walaupun fitur didalamnya ada Ampere Meter juga.

taff-energy-power-meter-dem1499-green-1

Dan berkat alat watt meter tersebut, rasa penasaran saya agak sedikit hilang, dan timbul kegalauan lain. Kenapa? ternyata selama ini yang saya rasa suatu alat elektronik tidak banyak makan daya listrik, hasilnya diluar perkiraan saya. Misalnya, saya masih mempunyai tivi tabung flat 21′ merek Sanyo (lupa tipenya); Televisi tsb untuk start awal cukup rendah, tidak sampai 80 Watt, ketika beberapa saat kemudian melonjak naik menjadi 120 Watt. Lain dengannya dengan Televisi 24′ LED keluaran 2014. Ketika standby tidak sampai 2 Watt, ketika disetel selama 1 menit, TV LED tsb hanya membutuhkan 26 Watt.

 

Untuk Bohlam; ini yang mencengangkan. Saya iseng mengetest bohlam LED 7 Watt, dan hasilnya cukup heboh… mengapa? karena tidak sampai 2 Watt. Untuk lampu hemat energi, sesuai spek. Saya ada stok Phillips 22 Watt model jagung; hasilnya ya sesuai spek yakni 22 Watt kurang sedikit.

Untuk PC, karena spek beda-beda agak susah komparasinya. Saya ada PC dedicated NAS dan Folding, Spek singkat Core 2 Quad, 2 HDD 7200 rpm, 3 HDD 5400 rpm (green), 2 GPU GTX 750, Kipas 12″ 2 buah, ram 2 Keping DDR2, kipas 8″ 3 buah — pada awal booting, mengambil tidak lebih daya dari 100 Watt. Jika PC tsb didiamkan; fluktuasi Watt meter terjadi. Di tarik kesimpulan, hasil PSU Calculator Online (outervision), ternyata agak lebay. Menurut Watt meter 25% lebih rendah dari situs penghitung Watt tsb. Akibatnya, saya jadi galau dalam mengambil keputusan membeli PSU kemarin -_- 😀 😀

 

Iseng lagi menjelajah isi rumah, Kipas standing fan dari dua merek yang berbeda, ternyata pemakaian daya nya tidak melebihi 40 Watt, exhaust fan bahkan tidak sampai 35 Watt. Untuk AC, jika ada tulisan inverter, biasanya ada embel-embel IRIT DAYA. Dan ternyata benar! AC 1/2 PK merek Polytron pemakaian daya listriknya tidak sampai 350 Watt pada 2 menit pertama; saya rasa akan tetap stabil walaupun  pengetesan saya lanjutkan sampai lebih dari 10 menit.

Diatas kertas, pemakaian saya cukup. Hasil investigasi, saya menemukan ada lampu merek China yang terpasang sudah agak lama, dan memakan daya lebih dari 70 Watt. Padahal speknya tidak sampai 12 Watt. Dulu terpasang karena darurat, karena untuk ruangan yang kurang penting — dan malas menggantinya. Mungkin ini biang keroknya. Karena saya yakin tidak lebih dari 1100 Watt pemakaian listrik dirumah saya.

Oh ya, laptop Toshiba generasi lama, saya lupa tipenya. Tidak lebih dari 50 Watt dalam proses charge pemakaian. Untuk HP iPhone 4 lama, proses charge tidak sampai 2.5 Watt. Oh ya, pada saat pengetesan, tegangan listrik rumah 202 volt. Walaupun bukan dalam kondisi ideal plus; pasti voltase diatas 200 adalah voltase kebanyak yang tersedia di Jabodetabekar.

Oh ya, banyak yang salah menyebutkan; rumah saya berdaya listrik 2200 Watt, padahal yang benar 2200 va. VA= Volt Ampere; Untuk mudahnya, misalkan listrik dirumah anda berdaya 1300 VA, tinggal dibagi 2 saja 1300/2= 650 Watt. Jadi jika anda mempunyai AC inverter 1/2 PK dan menyalakan lampu energi 5 buah akan ketahuan pemakaian listrik rumah anda. Jika lampu menggunakan merek-merek jelas, biasanya spek tidak bohong.

 

So ini berkaitan juga dalam mengambil jenis UPS yang akan dibeli. Misalkan Anda membutuhkan UPS 600 va, artinya UPS tersebut hanya kuat membackup pemakain kurang dari 300 Watt. Waktu lama backupnya, silakan lihat spek Battery (aki)nya, berapa Ampere Hour kah jenis battery tsb, semakin besar Ampere nya, semakin lama untuk membackup listrik. Untuk teori kelistrikan, tentang Watt, Ampere dan Volt silakan browsing-browsing sendiri.

 

So hindari kesalahpahaman VA dan Watt. Soalnya yang banyak saya temui perkataan rumah saya berdaya listrik 1300 watt (seharusnya VA). Dan akhirnya membeli peralatan elektronik yang belebihi 650 Watt, dan dinyalakan bersamaan… lalu ketika MCB meteran PLN turun, karena melebihi kapasitas yang diperbolehkan; menjadi bingung. Masa 1300 Watt ga kuat….

Post By Tommy Wiranto (68 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect