Review film The Green Mile

[Warning, ini spoiler film]

Film yang sudah rilisnya tahun 1999-2000an ini masih layak di tonton koq. Pemeran utamanya Tom Hanks & Michael Clark Duncan Di distribusikan oleh Warner Bros. Genrenya drama. Entah fiktif atau tidaknya saya kurang tahu, karena berdasarkan novel karangan Stephen King. Durasinya hampir 3 jam. Cukup untuk mengisi waktu luang 😀

green mile

Seting film ini terjadi di Amerika tahun 1910-30an. Menghisahkan John Coffey yang diperankan oleh Clark Duncan adalah seorang warga negara berkulit hitam, yang dimasa itu menjadi warga kelas dua yang tidak dipandang.

green mile Michael Clark Duncan

Si John Coffey ini sebenarnya mempunyai kekuatan penyembuh yang disalah-artikan oleh warga yang mencari seorang anak perempuan. Mereka mengira bahwa si John Coffey ini membunuh anak itu, padahal sebaliknya.

Tentu saja, si John Coffey ditangkap dan di penjara serta di jatuhi hukuman mati. Nah selama dipenjara si John Coffey berteman dengan sipir-sipir; terutama Paul yang diperankan Tom Hanks. Si Paul mempunyai penyakit kencing batu atau prostat, dan disembuhkan oleh si Paul.

Berkah penyembuhan ini terdengan kepala penjara, dan diajaklah si John Coffey untuk menyembuhkan istrinya. Setelah menyembuhkan, selalu si John Coffey merasa kesakitan/lelah. Intrik film ini, pembunuh anak sebenarnya ditembak oleh sipir yang diberi wejangan oleh si John Coffey. Lalu si Paul diberikan penghilatan apa yang terjadi sebenarnya.
green mile tom hanks

Ohya, pada akhir cerita ada tikus yang dipercaya itu adalah reinkarnasinya si John Coffey.

Dan karena ini drama, si John Coffey akhirnya di hukum mati — karena bukti mengarah semua kepadanya. Sebenarnya semau sipir keberatan atas hukuman mati tsb, tetapi apa boleh buat.

Film ini menganut cerita kebelakang (flash back), yang sering di jumpai di film-film drama. Paul bercerita kepada teman wanitanya di hari tua untuk menceritakan tentang kejadian yang dialaminya dimasa lalu yang sudah lama dan dari segi waktu agak susah dijelaskan, Karena si Paul sudah menerima ‘anugrah panjang umur’ ketika si Paul di buka pengelihatannya.

Michael Clarke Duncan pada film ini di set oleh Sutradara adalah seorang negro yang tinggi-besar. padahal kenyataannya tingginya masih ukuran normal orang bule koq; soalnya saya pernah meliat si Clarke pada film lain, tingginya ga tinggi-tinggi banget. Entah lah… relatif.

Post By Tommy Wiranto (68 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect