Review film ‘Contact’ 1997

Film ini lagi-lagi adaptasi dari Novel, yang berjudul Contact karya Carl Sagan. Dibintangi oleh Jodie Foster; berperan sebagai Dr. Eleanor Ann “Ellie” Arroway; Seorang ilmuan Atheis yang lumayan jenius. si Ellie bekerja di SETI (Search for extraterrestrial intelligence); dia bertugas sebagai pengamat gelombang dari Luar angkasa.

contact 0001

Bakat ilmuannya mungkin berawal ketika si Ellie masih kecil, dia senang berkomunikasi melalui radio CB; karena kegiatan ini di restui bapaknya. Selang berapa lama kemudian bapaknya meninggal karena sakit. Dan makin saja si Ellie terobsesi oleh komunikasi via gelombang.

contact 0000

Selang berapa-lama kemudian SETI menangkap sinyal asing, yang membuat bingung semua orang; sampai-sampai pihak Gedung putih  melibatkan diri. Sinyal itu setelah di bongkar, mengandung data-data yang fantastis. Awalnya proses decrypt susah dibongkar, berkat salah satu orang kaya penyumbang dana ke SETI, akhirnya seluruh pesan bisa diterjemahkan. Hasil pesan dari Alien adalah cetak-biru untuk membuat semacam alat transportasi.

 

Akhirnya karena heboh, dibuatlah Alat tsb — dan alat tersebut hanya di operasikan oleh 1 orang saja. Awalnya si Ellie tidak terpilih, tetapi karena ada musibah terpilihlah dia.

contact 0002

contact 0004Dan ketika mesin tersebut diaktifkan, membuat ruangan tempat si Ellie berada jatuh kebawah laut. tetapi dalam hitungan detik di Bumi Ellie mengalami puluhan JAM ditempat lain. Dan dia bertemu Alien yang selama ini dicari SETI; tetapi dalam bentuk Ayahnya — karena Alien beranggapan ini lebih mudah diterima oleh Manusia.

contact 0005

 

Inti film tersebut adalah yang saya deskripsikan diatas, selain itu ada intrik-intrik percintaan, konspirasi dll. Yang lumayan menghibur penonton dengan durasi 120-130 menitan.

az6

Oh ya, kalau dilihat dari sudut pandang Sains, si Ellie masuk ke lubang cacing (worm-hole), yang prosesnya mirip dengan serial Stargate. Tetapi, melibatkan juga teori relativas — karena waktu di Bumi hanya hitungan detik, tetapi si Ellie puluhan jam di tempat lain.

warkop6

 

Post By Tommy Wiranto (78 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect