Penambahan RAM PC beda merek

Baru-baru ini saya menambahkan RAM PC saya dengan merek dan tipe yang tidak identik, ternyata BISA dan tidak MASALAH pada OS ataupun Aplikasi dan Games.

th

RAM Lama saya adalah Patriot DDR2 8500. Setelah mencari-cari tipe yang sama ternyata saya menyerah, karen RAM ini sudah langka dipasaran. Dan harap-harap cemas saya membeli RAM DDR2 pc6400 bekas disalah satu toko di Harco Mangga-2 dengan garansi 1 minggu. Pikir saya, kalau beli baru hampir 900 ribu rupiah, dengan membeli bekas (second) saya bisa menghemat setengahnya lebih; dan kemungkinan jika tidak cocok dengan RAM yang terpasang saat ini, saya bisa menjualnya lagi ke kawan saya yang mungkin butuh 😀

moboku
Mainboard saya; Gigabyte 790GP
ram ku Capture
CPU-Z info.

aida test ram 1 aida test ram 2 aida test ram 3 aida test ram 4 aida test ram 5 aida test ram 6 Setelah harap-harap cemas, saya pasang ram pada slot 3 dan 4, dan ternyata pc tidak mau boot 🙁 waksss saya langsung galau, hmmm. Ada sedikit ide, dengan memindahkan ram lama pc8500 ke slot 3 dan 4, dan RAM yang baru saya beli ke slot 1 dan 2. Dan ternyata PC mau boot 😀 horeee

Ya wes, saya test booting masuk desktop Windows SP1 dan menjalankan aplikasi benchmark PC-Mark basic, hasilnya stabil. Begitu juga Super-Pi mod 1.5 calc 8mb. Lolos dengan sukses (sembari super-pi dengerin musik dan browsing).

Oh ya, pada saat boot info dari POST Bios mainboard, RAM saya turun speed. menjadi pc 5300 Mhz. Ya sudah, saya edit menjadi PC6400 secara manual (x4) mengikuti ram yang baru saya beli.

Mengapa butuh RAM diatas 4 Gb? karena saya aktif menggunakan Virtual Machine untuk keperluan testing Network dan App builder, yang spesifik untuk OS tertentu. Dan beberapa games sekarang membutuhkan RAM yang besar untuk berjalan mulus.

 

superpi ku sept 2014
SuperPI 8MB. Biar ga kelamaan nunggunya.

Mungkin saya beruntung, bisa jadi anda tidak seberuntung saya. Biasanya kalau RAM tidak cocok, sudah pasti tidak mau booting ataupun proses loading OS akan kacau.

 

 

Post By Tommy Wiranto (68 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect