Multiboot Windows XP/ 7/8/2008 r2/2012 – beberapa distro Linux Freebsd dalam satu flashdisk usb dengan YUMI

Judul artikel ini kedengarannya seperti keyword harvesting ya? hehehhe. Tetapi sesuai judul. Berkat aplikasi aplikasi YUMI (pendrivelinux). Dengan aplikasi tsb, kita bisa menjejali beberapa distro Linux (tidak semua versi), Microsoft Windows XP ~ 2012; serta tools-tools yang berbasikan CD/DVD semacam rescue-disc antivirus, UBCD dll; Selama tertera pada aplikasi YUMI.

Untuk Microsoft WIndows 7 & Windows 2008 R2 saya sudah coba. Secara teori karena tipe installernya sama, kemungkinan besar bisa. Karena Windows 2012 & 8.1 berbasikan WIM.

Untuk mengunduhnya bisa dari http://www.pendrivelinux.com – Tidak sampai 2 MB. Dan bisa langsung di eksekusi (tanpa installasi atau biasa disebut aplikasi portable).

multiboot - yumi - 002
Tampilan pemilihan OS
multiboot - yumi - 003
Tampilan Proses pembuatan o/s ke flasdisk

Syaratnya? Pergunakan flashdisk yang besar, minimal 8 GB semakin besar semakin baik. Misalkan anda menginginkan OS yang bisa di boot dalam 1 flashdisk: Windows 7 x64, Debian Live 7 LXDE, PuppyLinux, DrWeb Antivirus dan UBCD. Sepertinya agak mempet kapasitas 8 GB kan?

Cara penggunaanya? tancapkan flashdisk ke usb-port, eksekusi yumi xxx.exe lalu pilih OS yang diinginkan, browse ISO tsb, Just click & browse and wait. Semudah 1-2-3.

Perhatikan juga type file-system pada flashdisk. Seingat saya, file system bawaan pabrik bertipekan FAT32, ini bagus untuk YUMI. Karena; walaupun YUMI Support NTFS, tetapi tidak semua distro support boot dari NTFS. Jadi, anda musti trial-error kalau memang memaksakan menggunakan NTFS pada flashdisk. Memang, keuntungan NTFS lebih cepat proses baca-tulis dibandingkan FAT32; dan support file yang besar.

Selain YUMI diluar sana, banyak sekali tools semacam ini, misalnya RMPrepUSB, Sardu, dll. Tetapi saya sangat nyaman menggunakan YUMI karena kemudahannya.

Sebagai tambahan, PFSense v 1.23 juga bisa dimasukan manual, ikuti panduannya di link ini: http://forum.pfsense.org/index.php?topic=23709.0

Jadi dengan YUMI, PFsense, Windows Server 2003 (memakai installasi u/ Windows XP), Windows 2008 r2 x64 dan beberapa distro LINUX bisa muat dalam 1 Flashdisk 😀

bagi yang mengalami kesulitan dalam installasi Microsoft WIndows 2008 di hardware IBM X-series & Compaq Proliant series, ada beberapa trik agar bisa terinstall dengan baik OS tsb pada mesin. Boot tetap arahkan ke ke USB, masukan DVD Vendor mesin, pada pemilihan disk-controller, cari secara manual ke Disc tsb. Maka Windows Server 2008 bisa terinstall dengan baik pada mesin tsb. Walaupum sehabis masuk desktop, akan direpotkan dengan installasi driver display, ethernet dll.

Saya belum mencoba memasukkan Compaq SmartStart ke dalam 1 Flashdisk yang didalamnya ada installer Windows 2008r2 😀 Karena pada YUMI juga ada pilihan untuk SmartStart. Untuk IBM Server Guide saat ini belum di support.

Post By Tommy Wiranto (79 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect