Menggunakan Triple (3) Monitor dalam 1 PC dengan budget murah

Beberapa waktu lalu, saya diminta-tolong untuk menemani ke Harco Mangga-Dua untuk merakit komputer, karena ybs kurang pede kalau jalan sendiri. Kebutuhannya sangatlah umum, yakni Microsoft-Office based, beserta Torrent.

Yang menjadi perhatian khusus adalah, penggunakan triple (tiga) monitor dalam satu PC dalam modus extend, maksudnya: Desktop akan tersebar ke tiga monitor tsb.

Karena budget tidak bisa lebih, dan memang bukan buat PC-gaming, saya memilih VGA termurah yang tercepat bisa diambil dari supplier; karena memang waktu sudah cukup sore. Dan datang lah Asus AMD HD 6450 Silent 1 Gb vram.

asus-hd6450-sl-2gd3-l

Karena saya tau VGA murah biasanya hanya support Dual Display, entah karena arsitektur atau faktor lainnya; baik di AMD ataupun NVIDIA. Untungnya Mainboard yang saya pilih ada Vga Onboard. Jadinya Triple monitor untuk kegiatan ringan non-GPU-based bisa di setup dengan mudah.

Cukup dengan meng-hidupkan opsi Enabled onBoard Vga di BIOS, dan setting vramnya cukup 512 MB, resolusi full HD bisa didapatkan. Fyi, untuk menampilkan desktop biasa (non GPU apps seperti Photoshop 6, 3dmax, games Directx), kalau tidak salah vram 128 MB pun bisa. Karena rumusnya cukup sederhana, yakni 1920x1080x32bit= 66 Mb. Tetapi saya lebihkan saja, untuk kepentingan lain-lain, misalnya memutar video dan games ringan.

 

img_20161118_223324

Jadi setup kabelnya cukup sederhana, pada Vga Card HD 6450, saya tancapkan kabel HDMI ke Monitor Samsung #1, dan kabel Vga (DSUB) ke Monitor Samsung #2, dan kabel DSUB lainnya ke Vga onboard mainboard. Begitu seluruh driver display terpasang dengan baik, tinggal setting penempatan monitor saja: primary, extend dll di Control Panel\All Control Panel Items\Display\Screen Resolution.

Jadikan monitor yang menancap ke VGA card menjadi Primary, lainnya di extend. Serta penempatan monitor bisa di atur. Gunakan Identify lalu geser penempatannya. Mana monitor yang ditengah, mana yang di kiri dan di kanan.

triple-monitor

So? Jika mainboard anda ada vga onboard dan mempunyai slot PCI-e x16, triple monitor untuk kegiatan Office, Coding, Desain video/grafis sepertinya tidak membutuhkan budget yang terlalu mahal (diluar harga Monitor). Cukup VGA asnyal (Asal Nyala); yang biasanya mempunyai 3 port DSUB, HDMI dan DVI seting triple monitor ditambah Vga Onboard bisa dilakukan dengan mudah.

 

Ohya, tidak semua mainboard bisa dinyalakan paksa onboard display-nya ketika vga card tertancap di slot pci-e. Ada yang bisa dan tidak, tetapi mainboard keluaran 2014 keatas biasanya ada opsi untuk selalu enable atau dan init display first.  Jika tidak support aktif ketika ada vga-card external tertancap di slot pci-e, aktifkan fitur init from onboard vga. Biasanya Vga card external tetap bisa digunakan ketika masuk Operating System.

 

Pemanfaatan VGA Card murah, bisa dijadikan pada situasi seperti ini, misalnya untuk mirroring display, dimana diperlukan mirror display untuk demo (seperti pada proyektor). Dan fungsi dual display ataupun lebih, sudah ada sejak zaman Windows 98. Pada Windows 95b entah karena teknologi mainboard atau faktor lainnya, dual display fungsi extend belum bisa dilakukan), kecuali fungsi mirror dengan perangkat external splitter.

 

Pada Geforce GTX 750 (polos/TI series), menurut spek yang tertulis, vga tsb mendukung triple monitor setup. Tetapi belum saya coba, walaupun saya mempunya lebih dari 4 vga tsb untuk kegiatan Folding at home 😀

Lalu bagaimana, jika membutuhkan 4 Monitor dengan budget hemat? (hemat biaya dan hemat listrik)?

Menurut saya, cukup beli vga murmer sekelas AMD 5450/ Nvidia GT 210, beli lah 2 pcs (merek dan tipe yang sama). Lalu beli konverter dari PCI-E x1 ke x16. Harganya tidak sampai 100rb di JakartaNotebook.com / Bukalapak.com. Tancapkan Konverter pcie x1-x16 ke mainboard, dan vganya ke konverter tsb, entah bagaimana caranya; vga konver slot tsb tertancap dengan aman pada casing 😀 Jadilah 5 display monitor (4 vga card plus 1 vga onboard) dengan bajet (diluar monitor) kurang dari 1 jt rupiah (kurs pada saat artikel ini ditulis).

 

Riser PCIe x1 to x16
Riser PCIe x1 to x16

Menurut spek (saya belum coba), Jika cuma butuh triple display pada Vga Card NVIDIA mulai dari seri 740 (fermi based) semua port yang ada pada kartu tsb bisa digunakan. Sekali lagi saya blom coba 😀 Dan dengar2; semua VGA Nvidia tipe Kepler-based juga bisa menggunakan triple monitor. Atau jika tetap menginginkan triple display (ataupun lebih) tanpa ribet, beli USB-to VGA Adapter. Tinggal colok ke USB pasang driver (jika disediakan), colok ke monitor, violaaaa.

Harga monitor full hd (1080p) merek Samsung sekitar 1.9 jt x 5= 😀 jadi banyak. Lohhh? apa gunanya monitor banyak? pertama Keren, kedua keliatan seperti di film-film. Tetapi, biasanya kegiatan multidisplay non-gaming dibutuhkan (disarankan) untuk aplikasi Coding, Video Editor, CCTV dll — agar produktifitas lebih baik.

Serius, bagi anda yang menggunakan PC/Laptop, menambahkan 1 display tambahan (extended desktop) akan banyak membantu pengerjaan, misalnya mengedit dokumen atau Coding apps.

 

Evga GT 710 2gb.
Evga GT 710 2gb.

 

Update artikel Mei 2016: Dengan Nvidia Geforce GT 710, Vga mungil ini bisa menampilkan resolusi 2048×1536 di tiga monitor dengan interface hdmi, dsub dan dvi bersamaan. Harga saat artikel ini di edit, tidak sampai 700rb rupiah. Berarti dengan tambahan pcie 1x to 16x dalam satu PC bisa support 6 Monitor full-hd. Dan jangan lupa, vga onboard bisa juga dimanfaatkan untuk menambah satu display lagi 😀 :D. SOlusi murah 4 monitor dalam satu PC 😀 dan 7 monitor dengan dual on vga GT 710. Pilih versi GT 710 yang menggunakan fan, atau gunakan fan casing untuk cooler tambahan; agar VGA tsb awet.

gt 710 triple monitor
Spek singkat GT 710, mayan juga buat gaming 720p, no-AA

 

 

 

Post By Tommy Wiranto (68 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect