Mari belajar ASP 3 klasik

Walaupun sudah mulai ditinggalkan, tidak ada salahnya mempelajari bahasa pemprograman server side ini. Gaya penulisan ASP 3 adalah Basic. So.. misalnya anda pernah belajar keluarga bahasa BASIC baik Gwbasic, Basica, qBasic, Quickbasic ataupun Turb Basic pasti lebih mudah mempelajarinya.

Skill HTML dasar diperlukan untuk mempelajari ASP. Karena saya terbiasa menggunakan text-editor untuk membuat aplikasi web. Text editor bisa memakai notepad++ ataupun editplus. Untuk mendapatkannya silakan cari di google.

Di artikel ini tidak membahas dulu cara koneksi dengan database. Cara yang mudah dulu saja; misalnya fungsi syntak ‘Select Case’, ‘if then else’, ‘for next’.

Editor yang saya sarankan adalah Notepad++ (free) dan editplus (berbayar). Karena sudah mengenali sintaks asp 3 klasik, agar mempermudah proses penulisan script.

Langsung saja, ada kasus, seperti ini. Tulisan “Saya belajar ASP” sebanyak 1000 baris yang muncul di browser. Gampang saja, buka frontpage/texteditor lalu bisa copy paste. yah kalau 1000 baris, kalau 100.000.000 baris? bisa copot itu tombol ctrl+v di keyboard anda. Nah dalam keluarga basic. cara mendisplay kata-kata ke browser, ASP menggunakan sintaks:

<% response.write “Hallo dunia” %>

Pengulangan printah bisa menggunakan sintaks: for … next. contohnya:

<% dim x ”ini deklarasi variabel sembarang

for x=1 to 1000
response.write “Saya belajar ASP <br>”
next %>

fungsi tag <br> diatas apa? itu adalah sintaks html yang berarti memberikan fungsi baris baru agar tulisan Saya belajar ASP tidak menyambung.

Tetapi uploadnya kemana? kebanyakan server hosting menggunakan PHP. bener juga. Kalau anda memakai system operating Windows XP pro/7 ultimate anda bisa menambahkan komponen Microsoft IIS yang akan mengkonfigurasi Windows anda menjadi server web latihan. Document root nya ada di C:inetpubwwwroot. Atau gunakan solusi virtualiasi. Install Vmware atau Virtualbox, lalu setup Windows server 2000/2003. dengan konfigurasi virtual ram nya 256, vharddisk minimal 4 gb.

Pada Windows 7 Ultimate adanya di Control panel (view as category) – Programs – Turn Windows feature on or off.

IIS win 7Pada Windows XP pro, kalau tidak salah ada di Control panel – Add remove programs – Add remove Windows Component. Banyak Windows XP pro yang tidak ada IIS nya. Cari yang versi orisinil yang Windows XP Pro saja, tanpa ada tambahan Aplikasi pre-installed. Juga ditemui di Windows 7 Ultimate.

 

kuncian: belajar asp 3 klasik classic

Post By Tommy Wiranto (68 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect