Mari belajar ASP 3 IV

Server Side Include, apaan lagi tuh? Ini adalah perintah diluar tag <% %> yang berguna untuk menyisipkan script; baik yang serverside (asp); or client side (js/htm/css). Berbeda dengan server.execute(); hanya untuk eksekusi hasil file .asp. Contohnya seperti ini:

 

 

 

 

Biasanya <!–#include file—> berguna untuk menyisipkan hal-hal yang sering di gunakan, misalkan variable konfigurasi database, setingan untuk header static file html dll.

 

ASP pasti bisa mengakses database, apapun jenis db nya pasti bisa terkoneksi dengan baik; asalkan ada connectornya. Bisa lewat ODBC ataupun teknik langsung via oledb. tergantung ketersediaan konektivitasnya. Umumnya ASP berbasisdatakan Microsoft SQLServer. Memakai Microsoft Access (.mdb) juga bisa, tetapi sepertinya memaksakan dan tidak support banyak fitur.

Karena itu saya membahas konektivitas memakai Microsoft SQL Server (mssql) saja. Versi mssql yang bisa digunakan tergantung OS Windows Servernya. Misalnya pada Windows NT 4, bisa memakai mssql sampai versi 7. Windows 2000 bisa memakai sampai versi mssql 2003.

Connection String untuk SQL Server pada ASP adalah:

db=”PROVIDER=MSDASQL;DRIVER={SQLServer};SERVER=ipserver;DATABASE=namadb;UID=username;PWD=password;”

Sesuaikan SERVER; DATABASE;UID;PWD dengan konfigurasi mssql server anda. Untuk kemudahan cukup 1 file connection string yang anda buat, misalkan simpan dengan nama file “db.inc.asp”. Tetap pergunakan .asp; agar tidak terlihat, kalau sewaktu-waktu user tahu alamat connection string. pergunakan saja double ekstensi .inc.asp agar sewaktu pengerjaan tidak bingung.

Buat table di mssql sebagai berikut:

id_bukutamu (int autoincrement primarykey)
nama (nvarchar 20)
alamat (nvarchar 30)
komentar (nvarchar 60)
tanggal (date-time)
simpan dengan nama table [bukutamu]

asp001

 

Lalu sourcecode programmnya sebagai berikut:

 

 

 

 

 

 

asp002
Screenshoot ini salah 😀
fungsi call nya salah meletakkan. script sudah diperbaiki koq. 😀

 

asp003Tampilannya ga usah dipikirin dulu, bisa di skin dengan css nantinya. Karena saya bukan ahli css, saya tidak bisa memberikan tutorial css dengan baik.  CSS & javascript bisa ditaruh di header. sisipkan saja <stlye> <script> diatas </head>.

 

Post By Tommy Wiranto (75 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect