HMAILServer; Mail Server untuk Microsoft Windows Server yang tak berbayar

Dalam keluarga Gnu Linux/BSD banyak sekali aplikasi peladen surat elektronik yang powerfull tapi benar-benar free of charge, tanpa berbayar sama sekali. Lain hal nya pada dunia Windows, mencari aplikasi peladen mail yang mudah, aman, dan cepat tapi gratis tidaklah sebanyak di dunia GNU.

Bagi yang mencari Mail Server yang berbayar karena alasan lain, bisa menggunakan Microsoft Exchange ataupun MDaemon.  Kedua mail-server tersebut mendukung Domain-Controller secara built-in; sehingga authentikasi cuma satu saja, alias single-login-authentication. Pengalaman saya, untuk hmail versi 5.3 belum support kolaborasi dengan Domain Controller. Just simple mail-server; dimana layanannya memang benar-benar fokus pada POP3, SMTP dan IMAP.

PAda versi yang saya pernah install dulu, HmailServer bisa menggunakan database Microsoft SQL-Server sebagai tempat penampung (storage device) untuk seluruh mail-box account. Ataupun bisa menggunakan engine DB sendiri sebagai storage mail box account-nya. Untuk installasi tidaklah sulit, tipikal aplikasi Windows, next-config-next-finish 😀

Pastikan pada router akses-akses port 110 POP3, 25 SMTP, 143 IMAP sudah dibuka pada router dan diforward (NAT) dengan benar ke IP DMZ HmailServer.

Hmail_Screenshot_2

Arahkan setinggan MX-record pada domain-control panel ke IP Public Router (WAN). SPF juga penting. Untuk itu setting pula SPF-Record ke IP Public Router. SPF adalah salah satu teknik paling mudah untuk menaikkan kredibelitas Mail Server anda pada mail server lainnya diseluruh dunia.

Contoh SPF yang  terverifikasi.
Perhatikan yang saya highlight dengan warna kuning. Email saya terverifikasi pass oleh server gmail.

Kembali ke HMailServer. untuk menambahkan Mailbox user sangat lah mudah, tetapi pertama-tama buatlah DOMAIN yang akan dilayani dulu. Defaultnya HmailServer Support multi domain FQDN juga.

Klik kanan Dari tree Domains, lalu pilih add untuk membuat domain. Isikan domain yang benar-benar FQDN. Selanjutnya silakan cari setingan sederhana lainnya; pada Windows yang aktif.

Hmail_Screenshot_3

Setelah domain sudah dibuat dan diseting dengan benar; baru tambahkan user mailbox. Klik saja pada tree nama domain, lalu Accounts lalu klik add. Semudah 1-2-3. Disitu juga bisa ditentukan password askes, quota mail-box-nya; alias dll.

Jika user sudah diseting, berarti POP3, SMTP, IMAP sudah bisa diakses penuh dari seluruh dunia menggunakan aplikasi Mail-client seperti Thunder Bird, Pine, Windows Live mail, The Bat, Microsoft Outlook (Office/express) dll.

Oh ya, Hmail-server tidaklah dibekali interface untuk Web Admin maupun Mailbox Web-access. Jika membutuhkan web-access untuk mengakses mailbox, caranya install Webserver (bisa dimesin yang sama) IIS ataupun pergunakan solusi XAMPP.

Webmail (Web-interface untuk mengakses IMAP) ada banyak, dan rata-rata free juga. Dan kebanyakan aplikasi Webmail tsb berjalan di PHP. Jadi tinggal seting configurasi webmail tsb — layanan IMAP pada HMailServer bisa diakses lewat webmail.

Rekomendasi saya yang tidak ribet adalah NOCC (http://nocc.sourceforge.net/). Berjalan mulus pada Webserver IIS. Pada webmail NOCC yang perlu diperhatikan adalah folder temporary pada webserver IIS haruslah bisa di tulis oleh akun IUSR_nama_mesin. File config seingat saya ada pada /conf/conf.php. Ikuti saja guide line comment pada file tsb. Tidak sampai 5 menit untuk installasinya/ konfigurasinya.

 

nocc_sc2

Anda bisa pergunakan aplikasi tambahan Spam Assasin ataupun Antivirus (CLAM-Av Windows) sebagai pengaman. Tetapi sayangnya akan membuat Mesin Windows yang terinstall hmail-server semakin sibuk 🙁 Tentukan dengan bijak, perlu di install atau tidaknya.

Backup bisa dilakakukan melalu tree `utilities’. Sayangnya hanya 16 GB jika menggunakan fitur ini proses backup bisa dilakukan. Atau gunakan saja backup cara pemberani yaitu copy folder HMAIL nya ke media lain.  Untuk backup berkala, coba pelajari Scripting Host di blog ini juga, agar proses backup ter-otomatisasi. Tips: sebelum backup, matikan dulu service Hmailserver.

 

Hmail_Screenshot_4

Jika menggunakan SQL-Server, backup bisa dilakukan di sisi SQl Servernya. Karena saya belum ada pengalaman untuk restorisasi, jadi saya blum bisa sharing 😀

 

Post By Tommy Wiranto (68 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect