Encoding Audio Video dengan Format Factory

Saya sering memutar video di player DVD bermerek Crystal yang belum support banyak format video. Karena koleksi DVD dan file Film saya banyak dan ingin memutar film tidak dengan menggunakan kepingan CD-DVD, saya menggunakan harddisk external usb. Kebetulan DVD player saya ada colokan usb.

Harga waktu belinya relatif murah tidak sampe Rp. 350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) pada tahun 2008 yang lalu. Baru 1x service ganti power supply (50 ribuan). Untuk itu saya format harddisk kuno external saya yang kapasitasnya cuma 120 GB dengan format fat32. Lalu saya copy-kan film-film series & box office serta sedikit video clip dari youtube kedalamnya.

Untuk menghemat space harddisk, karena tivi saya masih tabung, yang resolusinya rendah. Saya konversikan semua file-file tsb menggunakan tools Format Factory; yang bisa di unduh di www.filehippo.com.

format factory 01

Hampir seluruh format yang banyak beredar mulai dari DVD, VCD, Mp3, Mp4, avi divx-xvid, Mkv dll bisa dikonversikan kemana saja. Dan versi baru bisa memanfaatkan fitur Nvidia Cuda, yang proses konversi khusus ke MP4 dialihkan dari CPU ke GPU. Untuk itu diperlukan minimal nvidia sekelas GT 630.

Format favorit saya untuk disetel di Dvd Player Crystal adalah: Avi-xVid, resolusi PAL, sound Mp3 64kbps. Korbankan qualitas untuk kuantitas 😀 Karena kombinasi format ini, saya bisa memasukan puluhan videoclip unduhan dari Youtube, Serial Startrek Voyager, Startrek The Next Generation, The charmed dan puluhan film layar lebar.

Karena bukan MP4, proses konversi dilakukan oleh CPU. Untungnya CPU saya AMD Phenom II x6, yang memiliki  6 Core. Jadi, konversi dilakukan pararel sebanyak 4-6 tugas sekaligus. Memang saya akui Format Factory untuk konversi tidak terlalu cepat, tetapi kemudahan drag-n-drop serta pilihan format yang banyak itu yang bikin saya suka.

 

 

 

Post By Tommy Wiranto (75 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect