Editing gambar sederhana menggunakan PhotoScape

Aplikasi pengolah bitmap ini diperuntukkan bagi pemula yang ingin mengedit file gambar tanpa ribet. Ribet installasi, pengoperasian apalagi lisensi. Aplikasi ini adalah freeware yang bisa di install dengan gratis. Saya biasa unduh dari www.filehippo.com. Atau cari tempat unduhan lainnya yang anda sukai.

Untuk installasinya; seperti biasa — asalkan anda bisa menginstall aplikasi umum lainnya seperti winrar/photoshop; aplikasi ini pasti bisa di Install juga. Cukup next-next finish.

Screenshot_2

Terkadang di Photoshop malah agak ribet, tetapi di Photoscape cukup beberapa kali klik saja dah beres 😀 Contohnya untuk menambahkan teks pada gambar. Cara penggunaanya gampang sekali, buka aplikasi tsb, lalu tampilan awalnya seperti diatas. Jika terkoneksi ke internet, ada gambar yang selalu berganti di form startup. Untuk memilih image, tinggal memakai click-n-drag ke windows PhotoScape. Lalu file yang dimaksud akan langsung terbuka. Atau bisa menggunakan ‘tab viewer’ pada menu.

Jika sudah terbuka file gambar yang ingin di edit: Klik tab {Object} lalu klik icon {T} dan setting propertiesnya seperti ini: (agar tulisan nampak; baik dari resolusi rendah sampai menengah). Screenshot_4PPerhatikan yang dilingkari. Misalkan tulisan yang di inginkan berwarna kuning, Outlinenya di ceklis {apply} lalu pilih warna yang kontras, misalnya hitam, begitu juga shadow nya. Jenis hurup apa saja, selama bisa terliat jelas; baik ketika full image ataupun dalam modus thumbnail.

Tulisan ‘lucu juga’ agak diluar dimensi gambar. Hmm, nanti pas saat penyimpanan (tombol control+s) akan muncul pertanyaan, “Do you want to enlarge … …”, pilih yes saja. Default warna hitam rasanya cocok semua untuk keperluan editing ini.

Jika membutuhkan baloon (seperti di buku komik, photoscape juga menyediakan fungsi ini.

Screenshot_6SSelanjutnya hal sederahana yang paling sering dilakukan adalah memotong gambar (cropping), sama mudahnya seperti menambahkan teks. Pada menu {Editor} lihat di tab {Crop} disitu defaultnya untuk memotong gambar. Tinggal clik-n drag pada gambar — apa-apa yang tidak ingin di potong.

Screenshot_7
yang tersorot akan tersisa, yang agak gelap akan hilang. Untuk apply; tinggal double klik di area yang terang.

Menambahkan frame (bingkai) juga amatlah mudah pada menu {editor} klik tab {home} lalu klik panah diatas tombol frame line. Contohnya seperti ini:

 

Screenshot_9
Nah ini yang agak sulit dilakukan dengan PhotoShop 😀 agak ribet karena membutuhkan beberapa langkah, seperti membuat layer, lalu cropping dll. Photoscape tinggal geser-geser saja, simpan. selesai.

Selain itu, ada banyak fungsi yang sering dibutuhkan, tetapi sangat cepat seperti mengurangi mata-merah pada hasil jepretan kamera saku digital. Menghaluskan muka yang jerawatan, membuat foto terkesan antik. Fitur Thumbnail printing, penggabungan beberapa image dll.

Contohnya lainnya hasil olahan instan Photscape:

Screenshot_11 Screenshot_10

 

 

Post By Tommy Wiranto (78 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect