Belajar Photoshop dasar

Adobe Photoshop biasa dikenal dengan istilah sotosop adalah aplikasi pengolah/editor gambar berbasiskan pixel. Kebetulan, saya berkenalan dengan photoshop dari zaman Windows 3.1. Dimana fungsi layer/masking belum Ada 😀 Dan kebetulan, saat itu mengedit file bmp (jpeg masih jarang digunakan) blum menjadi kebutuhan saya.

Ketika Photoshop versi 4, kalau tidak salah ketika peralihan Windows 3.1 dan Windows 95, barulah saya mulai menggunakan Photoshop lebih banyak, untuk kebutuhan design homepage (baca: website). Karena internet sudah masuk melalui telpon kabel analog + modem dialup.

Photoshop yang saya gunakan adalah Photoshop versi 7.01 (Jadullll). Saat artikel ini ditulis, Photoshop sudah versi CS 6 yang mendukung hardware GPU acceleration. So, versi yang saya punya jadinya Adobe Photoshop CS -7 (minus tujuh). Berjalan sempurna di Windows 7 x64 sp1. Kenapa ga pake yang lebih modern? Cs4 misalnya? hmmm, kenapa ya…? Bagi saya, selagi masih berjalan sempurna di Windows 7×64; saya tetap memakai versi 7.01 ini.

 

Easter egg Photoshop 7 (help-about)
Easter egg Photoshop 7 (help-about)

 

Lembar kerja PS7
Lembar kerja PS7

 

Lihat pada lembar kerja ps7 diatas, jika sub windows tools, navigator hilang karena terpencet atau sesuatu hal; bisa diaktifkan lagi dari menu – Window. Sekarang fokus dulu pada sub Window TOOLS.

psd 0004

Untuk memilih warna (kebutuhan tools- pencil, brush).
Untuk memilih warna (untuk kebutuhan tools- pencil, brush).

 

Buka file file jpg untuk contoh silakan unduh file ini (sebagai bahan tutor):

Contoh Dokumen
Contoh Dokumen (ada watermarknya, yah gpp kan? :D)

 

Fungsi dasar awal adalah cropping,yakni memotong object gambar. Untuk mengaktifkannya tekan c (pada tools) atau klik icon crop.

fungsi crop
fungsi crop

 

Jika sudah yakin, tekan tombol enter. Atau double klik di sisi terang. hasilnya akan seperti ini:

Hasil cropping
Hasil cropping

 

Kalau tidak menginginkan perubahan ini, bisa di undo dengan mengklik ctrl+z atau dari menu Edit – Undo. Juga bisa menggunakan window history:

Fungsi history: Langkah2 yang telah dikerjakan di PS. Klik pada langkah ybs, dokumen akan kembali pada langkah tsb.
Fungsi history: Langkah2 yang telah dikerjakan di PS. Klik pada langkah ybs, dokumen akan kembali pada langkah tsb.

Fungsi brush tools adalah fungsi menggambar langsung dengan mouse, sebelumnya silakan pilih warna terlebih dahulu.

psd 0009Fungsi Brush & Pencil sama, brush bisa memilih jenis sapuannya. Misalnya seperti kapur tulis, spidol dll. Properti untuk pemilihan jenis Brush ada di bawah menu utama.

Untuk membesar/kecil kan gambar (zoom in/out), bisa menggunakan tombol ALT+ scroll mouse.

Fungsi Clone (kloning) berguna untuk meng-kopi (kloning) suatu bidang pada dokumen ke bidang lain pada dokumen yang sama.

 

KLik pada icon clone-stamp, lalu tekan alt pada bidang yang mau dikopi, lalu lepas dan tekan mouse+ tahan untuk proses kloning (per-kursor).

psd 0010Lihat pada gambar diatas, bidang hitam pada pojok kiri hilang berkat fungsi kloning.

Fungsi filter: Adalah fungsi yang cukup menyenangkan untuk di explor. Contohnya ini: Filter-Blur-Gausian Blur, hasilnya seperti ini:

psd 0011Bisa di mainkan slider untuk menghasilkan gausian effect. Jika sudah sesuai dengan ke inginan, tekan OK atau cancel untuk batal.

Fungsi Lasso: adalah fungsi memilih suatu area untuk suatu kepentingan. Lasso ada 3: Free, Magnetic, dan Polygonal. Free artinya mengandalkan penuh kelihaan anda memegang mouse. Cara penggunaaan, click free lasso; lalu pada gambar clik dan tahan. Magnetik lasso: click sekali pada titik area yang akan di pilih, lalu otomatis akan memilih; berdasarkan kontras warna. Sering salah, tetapi efektip pada gambar yg kontras. Yang terakhir Polygonal lasso, penggabungan antara manual dan automatic. Ini cara terbaik untuk memilih area (bagi saya). Cara pakainya: klik, geser, klik geser dst.. sampai titik awal ketemu lagi.

psd 0012

Misalnya memilih area gambar Binatang diatas lalu diblur; sedangkan mangkoknya tidak diblur:

psd 0013
Penggabungan fungsi lasoo tools dan filter motion blur

Sampai disini dulu tutorial dasar photoshop. Nanti dilain kesempatan akan dilanjutkan ke bahasan untuk web design. Karena untuk bahasan image-manipulation bisa didapatkan dari blog-blog yang lain.

IMG00486-20130831-1028
Ini binatang peliharaan istri ku lohhh, namanya si POPO, Sugar glider yang sudah memiliki satu anak. 😀

Post By Tommy Wiranto (78 Posts)

Rasa ingin tahunya, terkadang 101% -- petualang yang tertahan. Terkadang sombong, tetapi pada tempatnya.

Website: →

Connect